30 tempat wisata di kudus yang wajib anda ketahui

                          25 tempat wisata di kudus
  •   Wisata Colo Kudus


Wisata Colo merupakan wisata di Kudus yang menyuguhkan wisata pemandangan alamnya yang begitu indah dan hijau. Udara disekitar lokasi pun masih begitu sejuk, jauh dari polusi udara. Selain pemandangan alam yang asri, di tempat ini juga terdapat taman, Air Terjun Montel, Kebun Kopi serta Makam Sunan Muria.
Untuk mencapai ke puncak pegunungan Muria dibutuhkan stamina yang fit. Namun kalau anda tidak memiliki tenaga yang cukup atau mempunyai penyakit tertentu yang menghalangi anda untuk mendaki, anda bisa menyewa ojek disekitar lokasi yang memang disediakan oleh warga untuk disewakan.
Daftar Paket Wisata Murah meriah
Lokasi : Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus
  • Air Terjun Montel di Kudus


Air Terjun Montel memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Air Terjun yang masih masuk dalam kawasan Colo ini berlokasikan di sebelah utara Makam Sunan Muria. Jadi, kalau anda berziarah ke Makam Sunan Muria nantinya bisa sekalian menikmati keindahan alam yang satu ini.
Fasilitas yang disediakan disini sudah cukup memadai, diantaranya yaitu Mushola, Toilet, Parkir Luas, Warung Makan, dan kios yang menyediakan cinderamata .
Tiket : Rp. 5.000





 


  • Air Terjun Gonggomino Colo Kudus


Wisata di Kudus ini ramai ketika akhir pekan tiba. Selain pemadangan alam yang begitu indah, tempat wisata di Kudus yang satu ini memang sudah familiar di telinga wisatawan terutama yang berdomisilikan di Kudus. Lokasi yang tidak jauh dengan Air Terjun Montel. Dan kalau anda mau menuju ke lokasi, anda harus berhati-hati karena untuk mencapai ke Air Terjun Gonggomino hanya ada satu jalan yaitu menyusuri sepanjang sungi Rejenu.
Lokasi : Desa Japan, Kecamatan Dawe Kudus
Air Terjun Goa Kudus
Selain Air Terjun Montel dan Air Terjun Gonggomino, di kawasan pegunungan Muria ternyata ada juga air terjun yang kian terkenal yaitu Air Terjun Goa. Ini terlihat dari ramainya pengunjung di tempat ini terutama ketika hari libur tiba. Air Terjun ini memiliki keunikan yaitu terdapatnya dua sumber air sekaligus yang menjadikan air terjun ini tidak kering meskipun musim kemarau tiba.
  • Air Tiga Rasa Muria Kudus


Wisata alam rejenu menyimpan banyak misteri yang sampai saat ini belum banyak terungkap keasliannya. Selain wisata religi ke makam Syeh Sadzali, di tempat ini juga terdapat air tiga rasa. Yang mana di dalam satu lokasi ketiga air itu memiliki ketajaman rasa yang berbeda-beda.
Konon menurut warga sekitar, air tiga rasa ini memiliki khasiat tersendiri seperti menambah rasa kepercayaan diri, ketenangan jiwa serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Dan selain itu, di tempat ini juga seringkali orang melakukan tirakat untuk mendapatkan mata air keempat. Yang “katanya” dulu ditutup oleh Syeh Sadzali karena mitosnya air tersebut dapat mengabulkan segala permintaan orang yang minum.
  • Makam Syeh Sadzali


Tempat wisata kudus yang berikutnya yaitu wisata religi ke makam Syeh Sadzali. Syeh Sadzali ini dulunya merupakan salah satu murid dari Sunan Muria. Beliau juga membantu Suan Muria dalam menyebarkan islam di Nusantara terutama Tanah Jawa. Jadi, kalau anda pergi ke wisata alam rejenu, ada baiknya sekalian berkunjung ke Makam Syeh Sadzali untuk berziarah.





  • Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar


Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar yang masuk dalam tempat wisata di Kudus ini merupakan sebuah hutan pinus dengan ketinggian area 600 MDPL. Yah, kesejukan serta suasana yang mendukung untuk kegiatan outdoor menjadikan tempat ini digunakan sebagai Bumi Perkemahan dan Hiking.
Lokasi : Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus


  • Wahana Air Mulia Kudus

Kalau anda mau berekreasi bersama keluarga di daerah kudus, maka tempat ini rekomended dah. Wahana permainan air yang ada disini bisa bilang komplit. Mulai dari kolam arus, ember tumbah, serta kolam renang standard nasional. Dan bukan hanya itu saja, di wisata kota kudus ini juga terdapat kolam pancing untuk anda yang hobby memancing.
Lokasi : Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus
Tiket : Rp. 15.000
Buka : 08.00 – 17.00
  • Museum Kretek Kudus


Museum Kretek di Kudus merupakan satu-satunya Museum Rokok yang ada di Indonesia. Selain sebagai simbol pesatnya perkembangan kretek di Tanah Jawa terutama Kota Kudus. Di Museum ini anda akan mengenal sejarah, proses produksi baik manual hingga modern.
Museum yang dibangun pada tanggal 3 Oktober 1986 ini memiliki lebih dari 1.195 koleksi sejarah yang tersimpan di museum ini. Diantaranya Bahan dan peralatan rokok kretek, Benda-benda promosi di masa lampau, dokumentasi pendiri Pabrik rokok Bal Tiga, dan masih banyak lagi.
Lokasi : Jalan Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus
Buka : Setiap hari | 07.30 – 16.00
Tiket :
  1. Senin – Sabtu | RP. 1.500
  2. Minggu / Tanggal Merah | Rp. 2.000
  • Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus


Menara yang menjadi icon dari Kota Kudus ini biasa orang menyebutnya dengan Masjid Al-Mana dan Masjid Al-Aqsa. Masjid yang dulunya dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 ini memiliki keunikan tersendiri. Selain bentuknya yang mirip dengan candi karena perpaduan Budaya Islam dan Hindu, bahan dari pembuatan menara ini pun menggunakan Batu Maqdis dari Palestina.

Dan kalau anda berkunjung ke Masjid ini, maka di belakangnya terdapat peristirahatan terakhir dari Sunan Kudus yang selalu ramai dikunjungi setiap waktunya. Karena Sunan Kudus juga masuk dalam salah satu Wali Songo yang terkenal di
Pulau Jawa karena dakwahnya dalam menyebarkan Islam di Nusantara.
Lokasi : Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus 







  • Museum Purbakala Patiayam


Museum Purbakala Patiayam tidak berbeda jauh dengan museum Sangiran. Fosil yang ada disini juga terjaga dengan baik karena proses penimbunannya menggunakan abu halus dan dibentuk dengan sebaik mungkin. Dan koleksi di Museum Purbakala Patiayam ini terbilang lengkap. Mulai dari fosil manusia purba, fauna intervabrata, fauna vertebrata semuanya ada disini.
Lokasi : Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus







  • Desa Wisata Rahtawu


Tempat wisata di Kudus Jawa Tengah yang satu ini memikat banyak wisatawan karena keindahan alamnya. Berada diketinggian 1.627 MDPL memungkinkan kita untuk melihat wilayah Kudus, Pati, Grobogan bahkan Jepara secara gamblang.


Lokasi: Air terjun kali Banteng, Rahtawu-Gebog
Dan tempat ini biasanya menjadi pilihan wisatawan setelah berziarah ke Makam Sunan Muria.
















  • Tempat Wisata di Kudus Lainnya

  • Lokasi : Curug Kedung Gender, Ceglik Japan Muria Kudus














  • Gunung Muria terletak di Kudus Jawa Tengah, Indonesia.

  • Lokasi/location: desa kuwukan dawe kudus

  • Brown Canyon Kudus
  • Taman Oasis
  • Menara Pisang
  • Air Terjun Pengantin
  • The Peak View Kudus
  • Puncak 29 Kudus
  • Wisata Kuliner di Kudus
  • Kopi Jetak

Kopi yang satu ini mungkin tidak asing buat anda pecinta kopi. Yang minuman khas dari Kudus ini diracik dengan cara yang berbeda dengan kopi lainnya. Penggorengan yang sampai menghitam serta penambahan air kopi menjadi ciri khas dari Kopi Jetak ini.
Lokasi : Desa Jetak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus





  • Lentog Tanjung

Salah satu wisata kuliner di Kudus yang satu ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan pagi. Lentog Tanjung memiliki bahan utama yaitu lontong kecil hasil potongan, sayur nangka muda atau biasa orang jawa menyebunya sayur gori dan lodeh tahu. Kemudian untuk penyajiannya sendiri ditambahkan santan dan pelangkap lainnya seperti sate telur, bakwan, puyuh seta krupuk.
Lokasi : Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.
Share on Google Plus

About achmad ghiffari shufi

0 komentar:

Post a Comment